Rabu, 08 Oktober 2014

Tidur Teratur Bisa Menurunkan Berat Badan

Waktu tidur yang cukup dan teratur bisa menurunkan berat badan - Banyaknya aktivitas di keseharian kita kadang memaksa tubuh untuk bekerja lebih keras, dan itu mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu. Efek yang biasanya timbul akibat metabolisme yang terganggu adalah kurang waktu tidur dan pola makan yang tak terkontrol. Pola makan yang buruk berpengaruh langsung pada kesehatan karena asupan gizi untuk tubuh tidak normal, sedangkan kurang waktu tidur bisa menyebabkan banyak masalah seperti mudah capek dan makan berlebihan.
Tidur Teratur Bisa Menurunkan Berat Badan
Tidur Cukup dan Teratur

Efek buruk yang dirasakan dari kurang tidur adalah berat badan naik dan kehilangan konsentrasi saat bekerja. Maka tak bisa disangkal lagi manfaat tidur itu sangat penting dan menurut majalah Magforwoman, salah satu fungsi tidur adalah menurunkan berat badan. Kok bisa? untuk itu mari kita simak beberapa alasan mengapa tidur teratur bisa menurunkan berat badan.

1. Menormalkan metabolisme tubuh
Saat seseorang dalam kondisi santai, metabolisme tubuhnya normal dan tubuh bisa mencerna makanan dengan mudah sehingga takkan mudah merasa kelaparan. Untuk itu tidur teratur bisa membantu menstabilkan metabolisme tubuh. Dianjurkan lamanya tidur setidaknya 6 sampai 7 jam, tidur malam lebih awal dan bangun pagi adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan pola makan teratur.

2. Menyeimbangkan produksi Ghrelin dan Leptin
Dalam tubuh kita terdapat dua buah hormon yang bernama Ghrelin dan Leptin. Ghrelin adalah hormon yang bisa membuat seseorang ingin makan terus menerus, sedangkan Leptin adalah hormon yang memberikan sinyal untuk otak agar berhenti makan. Saat seseorang kekurangan tidur, produksi leptin akan berkurang sehingga otak tidak tahu kapan harus berhenti makan. Tidur yang cukup bisa menyeimbangkan produksi Ghrelin Leptin dan menurunkan berat badan.

3. Menambah energi
Tidur malam 6 sampai 7 jam bisa mengistirahatkan tubuh lebih lama dan tidur bisa mengumpulkan energi. Ketika esok hari, energi akan semakin banyak yang terbakar dan semakin banyak pula berat badan yang menurun.

4. Mengurangi lemak
Tidur yang tidak cukup dapat menurunkan produksi insulin dalam tubuh sebesar 30%. Ini membuat lemak akan tersimpan di bagian-bagian tubuh yang bisa membuat seseorang terlihat gemuk. Untuk itu aturlah waktu tidur anda agar berkecukupan dan tubuh bisa menormalkan produksi insulin sehingga lemak tubuh tidak bertumpuk.

Dengan penjelasan diatas bisa disimpulkan tidur merupakan bagian penting bagi perkembangan tubuh. Demikian pembahasan tidur teratur bisa menurunkan berat badan, semoga bisa menjadi manfaat untuk Sobat Sehat semua. Baca juga artikel menarik tentang 6 Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan.