Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Tidur Siang Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat dan pentingnya tidur siang bagi kesehatan. Banyaknya kegiatan di jam kerja/sekolah membuat kita sering melewatkan jam tidur siang. Jika anda termasuk orang yang melewatkannya, sebaiknya luangkan waktu untuk tidur siang. Para pekerja kantoran bisa memanfaatkan jam istirahat siang untuk sejenak tidur setidaknya 10 menit. Sementara pelajar bisa tidur siang usai jam sekolah berakhir. Kalau anda ingat, orang tua kita dulu ketika kita kecil pasti sering juga menyuruh kita tidur siang. Ternyata nasehat itu bukan sekedar perintah kosong, tapi dalam kegiatan tidur siang mengandung banyak manfaat yang menjaga kesehatan tubuh. Dan berikut ini adalah 6 manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh,

1. Meningkatkan konsentrasi
Tidur siang ternyata mempunyai manfaat meningkatkan konsentrasi. Hal itu disampaikan dari sebuah penelitian NASA yang menunjukan bahwa seorang astronot mampu berkonsentrasi dan fokus lebih tinggi karena mereka selalu menyempatkan waktu tidur siang selama 40 menit.

2. Menambah kreativitas
Jika seseorang suntuk kemudian ia tidur siang dan ketika bangun ia mendapat ide baru mengatasi masalah/pekerjaannya. Hal itu memang benar adanya karena tidur siang menyegarkan otak kanan yang disebut hemisphere. Otak hemisphere berhubungan dengan kreativitas manusia.

3. Meningkatkan semangat
Tidur siang terbukti dapat memperbaiki suasana hati. Meskipun tidur hanya berdurasi sebentar tapi bisa memperbaiki sel-sel otak yang lelah. Sehingga ketika bangun, pikiran jadi lebih segar, semangat dan rasa suntuk hilang.

4. Meningkatkan kinerja otak
Sebuah studi penelitian mengungkapkan jika seseorang yang menyempatkan untuk tidur siang, ia mempunyai kinerja otak yang tetap tinggi terjaga daripada orang lain yang tidak tidur siang. Slain beristirahat tidur siang melepas lelah fisik, juga dapat menyingkirkan lelah psikis.

5. Meredakan stres
Tidur siang merupakan salah satu cara efektif untuk meredakan stres. Melepas penat aktivitas seharian untuk berbaring tidur membuat pikiran segar, tenang, dan bebas stres.

6. Memacu produktivitas
Rasa lelah yang hilang setelah tidur siang kan meningkatkan produktivitas bekerja. Dan tidur siang dalam waktu yang cukup bisa membangunkan kembali level produktif, terbukti lebih ampuh dari khasiat secangkir kopi.

Demikianlah 6 manfaat tidur siang untuk kesehatan tubuh yang harus anda sadari. Semoga dengan artikel barusan, Sobat Sehat semakin tahu pentingnya tidur siang. Baca juga artikel 5 Jenis Makanan Yang Tak Boleh Dimakan Sebelum Tidur.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 19.53
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali