Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Makanan Yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Anemia Alami

Makanan Yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Anemia Alami

Makanan yang berperan menyembuhkan penyakit anemia secara alami dengan kandungan yang dimilikinya - Penyakit anemia adalah sebuah penyakit dimana kadar sel darah merah seseorang terlalu rendah dan jumlah hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam darah tidak normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang memungkinkan mereka mengangkut oksigen dari paru-paru, dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Seseorang yang menderita anemia rentan mengalami gejala seperti lemah, letih, lesu dan sering kecapekan.

Makanan Obat Alternatif Penyembuh Anemia


Banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena anemia, diantaranya adalah tubuh kekurangan sel zat besi, vitamin B12 serta asam folat. Namun anemia juga bisa disebabkan oleh kondisi tertentu misal ibu menyusui, karena ibu dalam kedaan tersebut lebih banyak memerlukan nutrisi seperti zat besi untuk asupan janin yang ia kandung. Dan yang perlu Sobat Sehat tahu, bahwa sekarang ada makanan yang bisa digunakan sebagai obat anemia alami. Uniknya lagi makanan ini sering kita temukan sehari-hari dan kita tanpa sadar melewatkan obat anemia ini.

1. Roti gandum
Makanan sebagai obat alternatif anemia yang pertama adalah roti gandum, sebab roti gandum adalah sumber zat besi yang bagus terutama karena kandungan heme-nya sehingga bisa mencegah tubuh kekurangan zat besi. Satu roti gandum sanggup memenuhi kebutuhan tubuh akan zat besi sekitar 6 persen.
Tak hanya diolah menjadi roti, Sebenarnya gandum sendiri juga mengandung zat besi yang tinggi. Tapi, ini berarti gandum pun mengandung asam fitat. Maka, Anda lebih baik mengonsumsi roti gandum sebagai obat anemia sebab proses fermentasi saat pengolahan akan mengurangi kandungan asam fitat.

2. Daging merah
Manfaat daging merah bagi kesehatan sangat banyak karena mengandung protein dan zat besi tinggi yang mudah diserap tubuh. Tidak hanya pada dagingnya, hati sapi juga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah anda. Berdasarkan penelitian di departemen pertanian di Amerika Serikat, hati sapi sanggup memenuhi lebih dari 600 persen kebutuhan harian zat besi dan vitamin B12.

3. Telur
Dalam satu buah telur terdapat 1 mg zat besi serta antioksidan dan protein yang tinggi. Karena itu pula telur dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh yang hilang akibat anemia. Mengkonsumsi telur secara teratur juga bisa membantu memperkuat sendi dan tulang.

4. Kedelai
Kacang-kacangan merupakan sumber zat besi yang baik, terutama kacang kedelai. Tapi jenis kacang pada umumnya juga mengandung asam fitat yang bisa menghambat penyerapan zat besi. Maka dari itu asam fitat harus dihilangkan dan cara mudah untuk itu adalah merendam kacang kedelai semalaman dalam air hangat sebelum mengolahnya menjadi makanan atau minuman. Kacang kedelai memiliki kelebihan rendah lemak tapi tinggi protein sehingga bisa mencegah anemia.

5. Selai kacang
Sama seperti uraian diatas, kacang-kacangan yang sudah diolah menjadi selai juga ternyata ampuh menyembuhkan anemia. Sobat Sehat hanya perlu mengkonsumsinya 2 sendok makan selai kacang guna memenuhi kebutuhan zat besi pada tubuh. Tapi bagi anda yang tidak suka makan selai kacang, anda bisa juga mengkonsumsi kacang garing biasa sebagai obat anemia alami.

6. Tomat
Makanan yang memiliki kandungan vitamin C seperti tomat juga mampu membantu mengobati dan mencegah anemia. Itu disebabkan vitamin C dapat memudahkan tubuh menyerap zat besi. Jika anda malas mengkonsumsi tomat mentah, maka anda bisa mencobanya dengan mengolah menjadi jus. Tomat yang mengandung beta karoten dan vitamin E yang dapat menjaga kondisi kulit dan rambut.

7. Delima
Buah delima yang berasa asam mengandung vitamin C, A, E sangat tinggi serta potasium. Maka dari itu delima dapat meningkatkan kandungan zat besi dalam darah dan bahkan bisa mengangani penyakit anemia.

8. Bayam
Sayuran hijau seperti bayam adalah sumber zat besi yang baik. Selain itu, bayam juga mengandung serat, vitamin A, B9, C, dan E, kalsium dan beta karoten yang penting untuk tubuh. Sobat Sehat dapat mengolah bayam menjadi salad atau sup. Jenis sayuran hijau lainnya yang bisa digunakan sebagai obat anemia yang alami adalah selada, seledri, dan brokoli.

Agar anemia cepat kunjung sembuh selain dengan cara diatas, Sobat juga diharuskan banyak minum air putih, berjemur matahari pagi dan rutin berolahraga. Sekian pembahasan makanan yang bisa digunakan sebagai obat anemia alami. Baca juga "8 Tips Mengatasi Nyeri Saat Berolahraga"

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 05.29
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali