Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Ragam Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Ragam Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan

Khasiat manfaat yang dimiliki oleh buah delima - Buah delima merupakan tanaman yang berasal dari Timur Tengah dan bisa hidup di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut. Awalnya buah delima hanya ditaman sebagai tanaman hias, namun dengan berkembangnya ilmu pengetahuan kini diketahui delima mengandung banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan manusia. Buah yang bernama latin Punica granatum L ini mengandung alkanoid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat.
Ragam Manfaat Buah Delima Bagi Kesehatan
Buah Delima

Vitamin dalam delima pun tak kalah hebat yaitu ada vitamin A dan C. Selain itu macam mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, tanin dan kalium turut melengkapi kebaikan buah delima. Dengan susunan nilai nutrisi tersebut, buah delima tentu sudah memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan dan bisa menyembuhkan berbagai penyakit akibat bermacam bibit virus. Untuk lebih mengetahui khasiat dari buah delima, berikut ini ragam manfaat buah delima bagi kesehatan.

1. Gangguan kencing
Gangguan kencing disini adalah kondisi dimana kita sering ingin buang air kecil, kalau dalam bahasa jawa disebut "anyang-anyangen". Masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan isi delima dan segenggam kucai, potong-potong secukupnya. Kemudian rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

2. Sariawan
Kandungan vitamin C pada buah delima bisa membantu mengobai sariawan lebih cepat. Caranya ambil dua buah delima segar yang sudah masak, lalu ambil isi serta bijinya dan tumbuk sampai halus. Tuangkan satu gelar air hangat pada isi delima yang sudah dihaluskan tadi, saring dan wadahkan pada gelas. Gunakan air tersebut untuk berkumur sebentar kemudian telan. lakukan cara itu 2-3 kali sehari hingga sariawan sembuh.

3. Batuk
Anda mengalami batuk parah dan berjangka lama tak kunjung sembuh? maka anda bisa mengatasinya dengan buah delima. Vitamin C di delima akan mematikan virus batuk yang bersarang di kerongkongan dan saluran pernafasan. Caranya siapkan satu buah delima yang belum terlalu masak. Pada malam hari sebelum tidur, kunyahlah biji delima itu. Ingat untuk membuang bijinya, jangan sampai tertelan.

4. Serak
Suara serak, tenggorokan terasa berat dan kering bisa diakibatkan karena polusi udara dan pengaruh cuaca ekstrim di sekitar kita. Kita bisa mengatasi serak dan tenggorokan kering dengan buah delima, caranya sama dengan mengatasi batuk diatas. Kunyah isi buah delima dan buang bijinya. Namun lakukan ini 2-3 kali sehari.

5. Cacingan
Penyakit ini umumnya menyerang anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Cara mengatasi cacingan ini dengan membuat jus delima yang dicampur bersama jus wortel (dengan takaran masing-masing setengah gelas). Kemudian aduk sampai merata lalu minum sampai habis. Jus buah delima juga bermanfaat mengatasi sariawan, radang gusi, gigi berlubang. Jus delima pun bisa digunakan sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Demikian itu tadi ragam manfaat buah delima bagi kesehatan yang semoga bermanfaat bagi Sobat Sehat dalam mengenal buah kaya nutrisi ini. Baca juga artikel menarik tentang Tips Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 08.46
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali