Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

8 Tips Mengatasi Nyeri Otot Saat Berolahraga

8 Tips Mengatasi Nyeri Otot Saat Berolahraga



Kegiatan olahraga memang menyehatkan karena membuat tubuh bergerak dan membakar lemak. Tetapi seringkali setelah berolahraga kita mengalami cedera seperti nyeri otot karena gerakannya berat atau terlalu memaksa. Walau terbilang cedera ringan tapi harus segera ditangani agar aktivitas lain tidak terganggu akibat cedera itu. Berikut adalah 8 tips mengatasi nyeri otot saat berolahraga yang mudah untuk dilakukan.

1. Ketika berolahraga, cobalah untuk bergerak stabil dan menghindari otot-otot yang rawan kaget karena gerakan tak terduga

2. Sebelum berolahraga sebaiknya lakukan pemanasan dulu, setelah itu lakukan pula gerakan pendinginan. Gerakan tersebut dimaksudkan agar otot jadi lentur dan otot tidak bekerja terlalu keras.

3. Minumlah air setiap 15 menit saat tengah berolahraga. Gunanya agar memasok energi dan mencegah tubuh dehidrasi.

4. Ketika berolahraga, jika tubuh terlalu banyak mengeluarkan keringat dan minum air putih tidak memenuhi cairan tubuh. Segeralah mengkonsumsi minuman energi atau elektrolit.

5. Sebelum melakukan olahraga, konsumsilah kopi. Karena kopi bermanfaat meningkatkan kekuatan otot dan mengecilkan resiko nyeri otot.

6. Makanlah camilan/snack berkadar karbohidrat tinggi dan rendah lemak setelah dan sebelum olahraga. Kandungan proteinnya bisa memacu tenaga dan mengembalikan nutrisi yang hilang.

7. Pijatlah otot pada bagian yang terasa nyeri agar sirkulasi darah lancar tidak tersumbat.

8. Dianjurkan mandi air dingin setelah berolahraga karena menurunkan resiko inflamasi otot dan memulihkan stamina yang terbuang ketika olahraga.

Sekian 8 tips mengatasi nyeri otot saat berolahraga, semoga dengan pembahasan barusan bisa membantu Sobat terhindar dari gangguan otot parah. Sobat Sehat bisa juga membaca artikel menarik tentang 10 Makanan Sehat Untuk Diet

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 05.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali