Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Bahaya Tidur Dalam Kondisi Gigi Kotor

Bahaya Tidur Dalam Kondisi Gigi Kotor

Beragam penyakit gigi yang timbul akibat tidur dalam kondisi gigi kotor - Menjaga kebersihan gigi sangat wajib hukumnya, karena itu yang akan menentukan kesehatan dan kekuatan gigi. Membersihkan gigi bertujuan untuk menghilangkan plak dan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi. Supaya tak kemudian hari plak yang menempel tersebut menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Jika bakteri tumbuh, maka muncul penyakit gigi  seperti gigi berlubang. Apalagi jika hendak tidur, dianjurkan untuk menyikat gigi dahulu. Karena tidur dalam kondisi gigi kotor dapat mengakibatkan kematian.
Beragam penyakit gigi

Di usia lanjut, dimana orang yang sudah tidak memiliki gigi dan menggunakan gigi palsu juga diharuskan tetap memperhatikan kebersihan mulut. Menurut penelitian di Fakultas Kedokteran Gigi, Nihon University, Jepang, 'gigi yang kotor bisa mengakibatkan beragam penyakit bahkan bisa mengancam nyawa. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menyurvei 524 orang usia lanjut, rata-rata berusia 80 tahun ke atas. Dan 453 orang diantaranya memakai gigi palsu. Selama tiga tahun para peneliti mencatat data kesehatan mulut, perilaku kesehatan, kesehatan umum, dan hasil tes darah mereka. Mereka juga mencatat peserta yang sakit atau meninggal dunia oleh pneumonia selama masa penelitian.

Mereka yang tidur malam dengan gigi palsu tetap berada di mulut (186 orang) ternyata berisiko pneumonia, atau yang sering dikenal dengan radang paru-paru dua kali lebih tinggi dibandingkan mereka yang melepas gigi palsu saat tidur. Kemungkinan plak, infeksi gusi atau infeksi lain di daerah mulut meningkat dengan pemakaian gigi palsu saat tidur di malam hari. Bakteri, virus, jamur dan parasit yang berkembang biak di mulut dapat bermigrasi ke paru-paru sehingga menimbulkan pneumonia. Pneumonia di kalangan lansia banyak yang berakhir dengan kematian karena sistem kekebalan tubuh mereka umumnya lemah.

Untuk itu diperlukan menjaga kebersihan gigi kita dan menghindari pemakaian gigi palsu saat tidur bagi mereka yang sudah menginjak usia lanjut. Agar kebersihan mulut tetap terjaga dan terhindar dari penyakit yang bisa ditimbulkan. Demikian pembahasan tidur dalam kondisi gigi kotor dapat mengakibatkan kematian. Baca juga artikel menarik yang terkait, Cara Mencegah Gigi Berlubang, Cara Memutihkan Gigi Secara Cepat.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 10.27
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali