Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

6 Cara Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang

6 Cara Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang



Sobat sehat pernahkah mengalami sakit gigi? tentu rasanya sangat menyiksa dan menyakitkan. Jika sobat mengalami itu berarti kalian kurang menjaga kebersihan gigi. Sakit gigi timbul karena gigi berlubang, endapan makanan dalam lubang gigi menjadi tempat bakteri penyebab sakit gigi berkembang. Untuk itu berikut ada 6 cara mencegah terjadinya gigi berlubang,

1. Gosok gigi setelah makan
Menggosok gigi setelah makan akan memastikan bahwa tak ada sisa makanan yang menempel dan membersihkan gigi dari kuman yang tak diinginkan. Namun ingat, jangan langsung menggosok gigi setelah makan makanan asam, karena justru bisa membuat gigi mudah keropos. Setelah makan makanan asam, tunggu setengah jam sebelum menggosok gigi.

2. Sikat gigi dua kali sehari
Sobat sehat mungkin sering mendengar hal ini. Namun saran ini memang benar-benar manjur. Jangan malas untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari, saat bangun dan sebelum tidur. Akan sangat baik jika kalian juga menggosok gigi setelah makan, seperti poin satu di atas.

3. Menggunakan benang gigi
Benang gigi atau dental floss bisa membantu menghilangkan partikel kecil yang tersangkut di celah-celah gigi. Ini alasan mengapa menggunakan benang gigi sangat penting untuk mencegah gigi berlubang, terutama pada bagian-bagian tak terlihat di antara celah-celah gigi. Biasanya makanan yang tersangkut pada tempat tersebut bisa menyebabkan kerusakan pada dua gigi sekaligus.

4. Makanan sehat
Mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Gigi yang kuat juga membutuhkan nutrisi seperti kalsium. Jadi jangan hanya menggosok gigi, tetapi juga penuhi kebutuhan nutrisinya.

5. Jauhi makanan yang menempel
Hindari mengonsumsi makanan yang berkemungkinan menempel pada gigi seperti permen karamel dan lainnya. Makanan semacam ini bisa menyebabkan kerusakan besar pada gigi serta membuat gigi cepat berlubang.

6. Kunjungi dokter secara teratur
Jangan lupa untuk selalu memeriksakan gigi secara teratur pada dokter. Dokter bisa membantu menemukan lubang kecil yang bisa jadi tak terlihat ketika Anda menggosok gigi. Melakukan check up teratur dengan dokter gigi juga membantu mencegah gigi berlubang.

Begitulah 6 cara mencegah terjadinya gigi berlubang, agar gigi anda tetap sehat dan terjaga kebersihannya. Seperti kata pepatah "Mencegah lebih baik daripada mengobati", maka tak ada salahnya kalian menerapkan ini.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 10.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali