Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Kesepian Terlalu Lama Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kesepian Terlalu Lama Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kesepian dalam waktu lama bisa berujung kepada berkurangnya kesehatan tubuh - Semua orang dapat mengalami kesepian, situasi dimana seseorang tak punya teman yang bisa diajak bersosialisasi ataupun berbagi. Dan manusia sebagai mahkluk sosial pada hakikatnya saling bergantung satu sama lain orang. Tidak bisa dia menjalani hidup sebagai individu tanpa berinteraksi dengan individu lainnya. Ternyata pentingnya bersosialisasi itu dibenarkan oleh sebuah penelitian yang mengatakan kesepian terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan.
Kesepian

Penelitian tersebut dilakukan oleh Psychological Science dan menemukan bahwa ketika orang-orang merasa kesepian, mereka sering menganggap boneka atau objek mati lainnya sebagai manusia. Maka itu pula yang membuat seseorang yang kesepian itu disebut mempunyai kepribadian aneh. Selain stigma 'aneh' itu, efek kesepian bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Direktur dari University of Pittsburgh Medical Center, Bruce Rabin mengatakan, "Orang-orang yang kesepian cenderung punya lebih banyak masalah pada kesehatan fisik dan mental daripada mereka yang berhubungan dengan banyak orang".

Lalu kemudian apa saja efek dari terlalu lama kesepian hingga mempengaruhi kesehatan bahkan bisa menimbulkan penyakit. Langsung saja simak dampak buruk kesepian untuk kesehatan,

1. Depresi
Efek akibat pengaruh kesepian yang pertama adalah tekanan jiwa dan mudah merasa sedih. Menurut hasil riset Universitas Chicago, semakin seseorang larut karena kesedihan maka semakin besar pula kemungkinan mengalami gejala depresi. Bruce Rabin kembali menjelaskan, "Saat Anda kesepian, hormon otak yang berhubungan dengan stres seperti kortisol menjadi aktif sehingga dapat menyebabkan depresi". Untuk mecegah terkena depresi karena kesepian, dianjurkan seseorang mulai berinteraksi sosial dengan orang-orang terdekatnya.

2. Jantung
Resiko kesepian yang sangat fatal adalah terkena penyakit jantung. Dalam studi kasus di Havard tahun 2012 menunjukkan orang-orang yang berusia dewasa dan mereka menjalani hidup seorang diri, mempunyai resiko kematian akibat jantung sebesar 24%. Itu dikarenakan seseorang yang jarang bersosialisasi dan tidak mendapat dukungan secara sosial, akan mudah stres serta meningkatkan gangguan pada jantung. Ini didasarkan pada produksi hormon stres yang tinggi dapat meningkatkan akumulasi endapan kolesterol di dalam hati. Lagipula bagi mereka yang kesepian, cenderung tidak banyak bergerak aktif sehingga kolesterol dari makanan hanya akan menumpuk dan menghambat peredaran darah. Peredaran darah yang tersumbat bisa memicu serangan jantung.

3. Sistem kekebalan tubuh menjadi lemah
Ohio State University melakukan penelitian di tahun 2013 tetang bagaimana pengaruh kesepian terhadap sistem kekebalan tubuh. Dan mereka mendapati hasil ketika seseorang kesepian maka kekebalan tubuh mereka bisa melemah. Orang-orang yang merasa kesepian akan lebih rentan mengalami inflamasi. Inflamasi atau peradangan ini terkait dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, atritisn dan alzheimer.

4. Pola makan tidak sehat
Pola makan menjadi bagian penting bagi kesehatan karena itu yang menentukan masuknya asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun saat seseorang merasa kesepian, dia menjadi tidak memperhatikan apa yang dimakannya. Sebab dia berpikir tidak akan ada yang mengingatkan sehat buruknya makanan yang akan dikonsumsinya, berbeda jika ada orang lain yang menyiapkan makanan untuk dia.

Untuk mengatasi kesepian terlalu lama berdampak buruk bagi kesehatan maka diperlukan segera mendapat seorang teman sebagai tempat berinteraksi sosial. Mulailah dengan mengenal orang disekitar anda. Berkumpul dan berbagi merupakan sarana bagus dalam bergaul dengan orang lain. Baca juga artikel Manfaat Teh Basi Bagi Kecantikan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 09.56
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali