Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung MSG

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung MSG

Dampak buruk yang ditimbulkan karena mengkonsumsi makanan ber'MSG - Dalam memasak atau ketika anda jajan makanan di warung makan, pasti selalu menambahkan vetsin atau sering disebut micin sebagai penambah rasa. Makanan jadi terasa lebih sedap dan kuat citarasa masakannya. Namun apa jadinya jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang ditambahkan vetsin.
Vetsin atau Micin (MSG)

Seperti diketahui vetsin/micin menggunakan bahan kimia bernama monosodium glutamate (MSG). MSG tersebut adalah zat adiktif yang sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan. Penggunaan MSG dalam pengolahan makanan pun cukup kontroversi dikarena ada yang berpendapat MSG secara umum masih bersifat aman, tapi disisi lain MSG juga dikatakan berbahaya bagi kesehatan. Lantas apa sajakah bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG?

1. Sakit kepala
Bahaya mengkonsumsi vetsin yang pertama adalah sakit kepala. Sakit kepala merupakan efek samping yang terbilang kecil dari makan makanan yang mengandung MSG. Jika gangguan sakit kepala karena MSG ini dibiarkan, dalam jangka panjang akan memburuk dan berkembang menjadi migrain berat.

2. Masalah syaraf
Selain sakit kepala, akibat dari mengkonsumsi MSG terus menerus dapat membuat seseorang mati rasa, kesemutan atau bahkan merasa terbakar di area wajah dan leher. Berbagai macam penyakit syaraf bisa timbul karena kebiasaan buruk ini seperti penyakit alzheimer, parkinson, huntington.

3. Tidak baik untuk ibu hamil dan bayi
Makanan gurih yang mengandung penguat rasa buatan (MSG) sangat tidak dianjurkan untuk seorang ibu hamil. Sebenarnya larangan ini sudah dicantumkan dalam kemasan sejumlah produk yang mengandung MSG. Dan efek buruk MSG untuk ibu mengandung bisa juga menimpa si bayi yang sedang dalam masa kandungan atau menyusui lewat air susu ibu.

4. Sakit jantung
Masalah terburuk dari pengkonsumsian makanan ber'MSG adalah bisa merusak sistem kerja jantung. Gejala awal masalah jantung ini nyeri di bagian dada dan jantung menjadi tidak teratur degupnya.

5. Gangguan kesehatan lain
Masalah kesehatan lain yang bisa datang akibat mengkonsumsi MSG dalam kadar tertentu adalah diabestes, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, disfungsi tiroid, obesitas, asma, autisme, alergi makanan, dan kerusakan retina mata.

Maka dari itu selalu perhatikan apa makanan yang kita konsumsi mengandung MSG atau tidak. Hindari juga penambahan vetsin atau micin dalam memasak di keseharian kita, agar kesehatan kita terhindar dari bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Baca juga artikel 10 Makanan Yang Mencerdasan Otak.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 14.13
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali