Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Tips Mengempukkan Daging Secara Mudah

Tips Mengempukkan Daging Secara Mudah

Cara mudah mengempukkan daging secara tradisional - Menu daging merupakan salah satu menu pilihan masakan yang penting karena didalamnya mengandung kalsium, protein dan zat besi. Menu daging sangat diperlukan tubuh terutama saat mengalami pertumbuhan dimasa kanak-kanak, serta memelihara otot-otot tubuh setiap hari. Pengkonsumsian daging merah sangat dianjurkan oleh pakar gizi karena kekayaan nutrisinya.
Cara Mengempukkan Daging

Di hari yang masih dalam suasana Idul Adha seperti ini kita menerima jatah daging hewan qurban. Salah satu kendala yang dihadapi ketika ingin mengolah daging menjadi sebuah menu adalah daging keras dan tidak bisa empuk. Jika daging empuk, kenyal, teksturnya lembut, maka akan mudah untuk diolah menjadi menu makanan lezat. Namun bagaimanakah cara membuat daging agar empuk? disini Tips Unik Kesehatan akan memberi tips mengempukkan daging secara mudah. Simak penjelasan berikut!

1. Daun pepaya
Dalam daun pepaya terdapat sebuah enzim yang bernama papain yang bisa mengempukkan daging. Dan cara mengempukkan daging dengan daun pepaya ini cukup mudah yaitu meremas-remas daun pepaya muda hingga keluar getahnya, kemudian gunakan untuk membungkus daging.
Langkah-langkah:
Cuci bersih daging di bawah air yang mengalir.
Bumbui daging (tergantung menu masakan)
Bungkus dengan daun pepaya muda yang sudah diremas-remas, kemudian diamkan setidaknya 60 menit sebelum diolah menjadi masakan.
Apabila daging sudah dibumbui, maka proses ini sekaligus membantu peresapan bumbu.

2. Parutan nanas
Cara ini mungkin paling banyak yang dilakukan orang untuk mengempukkan daging. Nanas mengandung enzim bromelin, enzim ini cara kerjanya sama dengan enzim papain pada pepaya yaitu bisa menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi lebih empuk saat diolah.
Langkah-langkah:
Cuci bersih daging di bawah air yang mengalir.
Lumuri sambil remas-remas daging dengan nanas yang sudah diblender. Diamkan minimal 30 menit sebelum dimasak.

3. Menyimpan dalam freezer
Mengempukkan daging bisa dilakukan dengan membiarkannya layu, disimpan dalam freezer. Tak perlu takut dengan mitos yang mengatakan daging yang disimpan dalam freezer susah diolah karena akan menjadi keras. Justru sebaliknya, daging akan jadi lebih empuk, mudah diolah dan tetap segar.
Langkah-langkah:
Cuci bersih daging di bawah air yang mengalir.
Bumbui daging (tergantung menu masakan), simpan di dalam wadah tertutup rapat dan simpan di dalam freezer hingga waktu yang dibutuhkan.

4. Menggunakan bumbu instant
Saat ini sudah ada produk bumbu instant yang difungsikan untuk mengempukkan daging. Dalam bumbu tersebut biasanya sudah mengandung enzim papain dan bromelin. Cara menggunakannya mudah, setelah daging dicuci bersih, daging cukup ditaburi dan diremas-remas dengan bumbu. Cukup didiamkan selama beberapa saat, maka daging akan jauh lebih empuk.

Demikian tips mengempukkan daging secara mudah, semoga cara barusan ini bisa mempermudah pekerjaan Sobat dalam mengempukkan daging. Baca juga artikel tentang 6 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 12.12
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali