Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Cara Alami Mengatasi Dan Mencegah Rambut Beruban

Cara Alami Mengatasi Dan Mencegah Rambut Beruban

Seseorang ketika sudah bertambah tua usia, tubuh akan menampakkan tanda penuaannya seperti wajah keriput dan rambut yang memutih (uban). Untuk uban mungkin adalah tanda penuaan yang paling jadi perhatiaan orang. Uban tidak hanya muncul ketika seseorang memasuki usia lanjut, tetapi juga terjadi pada seorang yang masih muda. Jika muncul rambut uban di kepala, pasti ingin segera mengecat/menyemir rambut sehingga kembali berwarna hitam. Hal itu juga ditujukan untuk mengembalikan rasa percaya diri penampilan. Lantas bagaimanakah cara menghilangkan rambut beruban?
Menghilangkan Uban Pada Rambut

Uban sebenarnya adalah rambut hitam yang kemudian berubah warna menjadi putih. Perubahan tersebut diakibatkan oleh bergantinya warna pigmen rambut yang bernama melanin. Pergantian warna itu sendiri disebabkan kurangnya asupan oksigen pada bagian batang rambut. Selain mempengaruhi rambut beruban, oksigen yang minim membuat susunan rambut menjadi tidak beraturan. 

Menurut Desmond Tobin, profesor biologi dari Universitas Bradford, Inggris, folikel rambut memiliki jam melanogentic yang memperlambat atau menghentikan aktivitas melanosit, sehingga mengurangi pigmen rambut. Hal ini terjadi tepat sebelum rambut mengalami kerontokan. Pun membuat akar rambut menjadi pucat dan mengakibatkan uban. Tobin menyatakan, rambut beruban pada orang tua terpicu oleh faktor usia dan genetika. Sebab gen pengatur potensi pigmen dari setiap folikel rambut mengalami kelelahan. Sementara rambut beruban pada usia muda terjadi karena status gizi yang buruk. Juga kelainan kelenjar tiroid, ketidakcocokan sampo, faktor genetik, dan stres.

Bila uban atau rambut putih muncul dirambut Sobat, maka cobalah cara alami mengatasi dan mencegah rambut beruban berikut ini,

Mengatasi uban dengan minyak kelapa
1. Oleskan minyak kelapa serta air jeruk nipis pada rambut. 
2. Kemudian remas, biarkan selama 15 menit, lalu kemudian bilas.

Menghilangkan uban dengan biji pepaya
1. Haluskan biji pepaya dengan cara menumbuknya hingga halus.
2. Campurkan dengan minyak kelapa, dan oleskan ke seluruh helai rambut. 

Menghilangkan uban dengan yogurt pahit
1. Campurkan satu gram gula serta kopi bubuk dengan seratus gram yogurt.
2. Lumurkan ke kulit kepala serta helai rambut. 
3. Terakhir, bersihkan dengan air hangat.

Menghilangkan uban dengan daun teh
1. Saring daun teh dan campurkan satu sendok garam.
2. Taburkan daun teh ke atas kepala dan rambut selama 1 jam.
3. Setelah itu bersihkan rambut dengan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 10 hari berturut-turut.

Sementara untuk mencegah uban, Anda harus mengurangi makanan yang mengandung pengawet serta zat kimia. Sebab keduanya akan mempengaruhi keindahan dan kesehatan rambut. Serta konsumsilah makanan yang kaya zat besi dan zat tembaga, seperti kepiting, kerang, serta biji bunga matahari. Jika anda seorang perokok, berhentilah melakoni kebiasaan itu. Sebab kandungan racun dalam rokok, dapat mempengaruhi penuaan dini serta beruban. Sedangkan stres berlebihan pun juga dapat membuat rambut berubah menjadi putih karena cadangan vitamin B12 berkurang.

Demikianlah beberapa cara alami mengatasi dan mencegah rambut beruban yang semoga bermanfaat dan dengan mudah Sobat mencobanya. Baca juga Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 12.09
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali