Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Tips Melindungi Kulit Dari Sengatan Sinar Matahari

Tips Melindungi Kulit Dari Sengatan Sinar Matahari

Cara agar kulit terlindungi dari sengatan sinar matahari yang buruk bagi kesehatan kulit - Beberapa bulan terakhir ini cuaca terasa sangat ekstrim dan terik. Musim panas yang tak kunjung berganti ke musim penghujan ini pun menjadi musim kemarau panjang. Sengatan matahari membuat suhu diluar ruangan bisa mencapai 35 dearajat celcius. Dengan suhu seperti itu, bisa membahayakan kesehatan kulit sebagai organ tubuh terluar.
Tips Melindungi Kulit Dari Sengatan Sinar Matahari
Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Aktivitas diluar ruangan saat siang hari memang kadang tak bisa dihindari. Jika sudah begitu dapat menyebabkan kulit terpapar dan terbakar sengatan sinar matahari. Tersengat sinar matahari siang dalam jangka waktu lama bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit, karena tingginya kadar ultraviolet pada sinar matahari siang hari. Maka dari itu diperlukan proteksi lebih terhadap kulit agar kesehatannya tetap terjaga. Berikut adalah tips melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

1. Gunakan tabir surya atau sunblock ketika berada diluar ruangan. Perhatikan tabir surya yang digunakan, disarankan kandungan SPF (Sun Proof Factor) tidak lebih dari 15. Sebab SPF yang tinggi cenderung berbersifat panas dan menutupi pori-pori kulit. Oleskan tabir surya berulang-ulang dalam jangka waktu tertentu, karena tabir surya mudah hilang terbawa dengan keringat.

2. Bagi yang menggunakan bb cream atau foundation, pilihlah produk yang oil free agar bebas kilap walaupun terpapar keringat terus menerus.

3. Gunakanlah produk atau bahan alami pembersih wajah yang aman dan nyaman. Jangan memilih yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Yang paling utama agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga.

4. Bila hendak menggunakan bedak, pilihlah yang talcum free supaya tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori yang dapat mencetuskan komedo atau jerawat.

5. Pakailah baju berbahan yang mudah menyerap keringat. Tak perlu memperhatikan model pakaian, yang penting nyaman dipakai dan bisa melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari.

6. Penggunaan topi dan payung dapat menjadi salah satu alternatif agar mengurangi radiasi sinar UV (tetapi tabir surya tetap harus digunakan). Penggunaan cacamata hitam juga perlu untuk mengurangi radiasi UV masuk ke mata dan mengurangi silau.

7. Bila kulit Sobat terasa terbakar, anda bisa melakukan perawatan kulit sederhana di rumah. Caranya letakkan irisan ketimun, gel aloe vera (getah lidah buaya), atau parutan kentang mentah pada area kulit yang terbakar matahari.

8. Perbanyak minum air putih agar kulit tetap terhidrasi dan mencegah kulit kering. Kurangi minum soda, minuman berkafein, dan minuman berwarna lainnya.

Itu tadi beberapa tips melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, semoga dengan tips barusan bisa membantu Sobat mengatasi paparan sinar ultraviolet yang butuk bagi kesehatan kulit. Baca juga artikel bermnafaat tentang "8 Tips Mengembalikan Kelembapan Kulit"

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 09.51
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali