Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Makanan Alternatif Sebagai Pengganti Daging

Makanan Alternatif Sebagai Pengganti Daging

Bagi vegetarian atau orang-orang yang tidak ingin mengkonsumsi daging kadang harus mencari akal supaya mendapat manfaat dari daging. Karena daging juga bermanfaat sebagai penghasil energi. Untuk itu diperlukan mencari makanan alternatif lain pengganti daging. Dan berikut adalah makanan alternatif sebagai pengganti daging.

1. Tempe

Tempe mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi. Tempe bisa memnuhi 50% kebutuhan kalsium setiap harinya. Selain itu protein yang juga dimilikinya bisa mengolah karbohidrat menjadi energi, sebagaimana fungsi dari daging. Manfaat tempe bagi kesehatan banyak sekali. Salah satunya dalam sebuah penelitian, tempe disebutkan mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu tempe mempunyai kemampuan untuk menghambat pembentukan kolesterol pada tahap awal. Tempe juga mampu merangsang fungsi kekebalan tubuh terhadap bakteri E. Coli yang dapat menyebabkan diare. Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa konsumsi tempe mampu menurunkan kejadian diare pada pasien anak yang terserang diare.

2. Tahu

Makanan olahan dari kedelai juga seperti tempe. Tahu terkenal menjadi makanan alternatif pengganti daging dan sudah populer di seluruh dunia. Proses pembuatan tahu yang dibuat melalui proses peremdaman, merebus, dan memeras sambil menyaring kedelai untuk mendapatkan susu kedelai. Selanjutnya susu kedelai ditambahkan koagulan (zat pengental), seperti garam epsom atau gypsum, lalu menekan dadih hingga membentuk blok dan membuang kelebihan cairan.

3. Seitan

Yang satu ini mungkin asing di telinga kita. Seitan adalah makanan dari olahan kedelai sama seperti tahu dan tempe. Seitain juga disebut gluten gandum, daging gluten, daging gandum, atau hanya gluten. Beberapa jenis seitan memiliki tekstur benang atau kenyal sehingga membuat seitan lebih menyerupai daging daripada alternatif lainnya. Bagi orang yang tubuhnya tidak dapat menolerir gluten, sebaiknya tidak menjadi seitan sebagai pengganti daging. Seitan sering digunakan oleh penduduk Asia, vegetarian, kaum Buddhist, dan sebagai bahan hidangan makrobiotik. Gluten gandum pertama kali dikembangkan di China dan kini cukup populer di banyak negara Asia Timur dan Asia Tenggara. Anda dapat membeli gluten di toko-toko yang menjual daging tiruan.

Demikian bahasan makanan alternatif sebagai pengganti daging yang bisa menjadi pilihan baru Sobat dalam pola hidup sehat. Baca juga artikel tentang Ragam Manfaat Madu Bagi Kesehatan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 07.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali