Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Ragam Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Ragam Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Ragam Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan
Ragam Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah nanas bagi kesehatan. Nanas adalah buah yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buah ini pasti ada sebagai bahan pelengkap minuman seperti es buah dan es teler, kerap juga menjadi bahan masakan. Buah yang bernama latin "Ananas comosus" ini banyak dibudidayakan di Indonesia dan Subang adalah daerah penghasil nanas terbesar di Indonesia. Asal buah nanas sebenarnya dari Brazil tapi kini menyebar luas di seluruh dunia dan terutama di negara yang beriklim tropis.

Jika menelisik kandungan dalam buah nanas, ditemukan banyak nutrisi penting seperti misal vitamin C dan mineral. Kelebihan lain dari buah nanas yaitu mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan seperti mengurangi kelebihan asam lambung, menyehatkan pencernaan, sebagai anti-radang, membersihkan jaringan kulit mati, mencegah pertumbuhan sel kanker, menghambat penggumpalan trombosit. Tidak hanya bisa dikonsumsi dan diambil manfaatnya ketika matang, nanas juga berguna ketika masih muda. Nanas muda yang memilik rasa asam berkhasiat dalam memacu enzim pencernaan, antelmintik, pelancar haid, pencahar alami dan lain-lainnya. Untuk lebih lengkap tentang kegunaan buah nanas, berikut saya berikan ragam manfaat buah nanas bagi kesehatan.

1. Mengobati kembung lambung
Pencernaan yang terganggu akan berakibat lambung menjadi kembung, terasa penuh padahal hanya makan sedikit. Gangguan kembung macam itu bisa diatasi dengan minum jus nanas. Minumlah jus nanas sebanyak 150 cc, 3 kali sehari dan lakukan ini setengah jam sebelum anda makan.

2. Mengobati penyakit kulit
Nanas mempunyai khasiat mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal, bisul maupun luka bakar. Cara pengaplikasiannya sebagai obat kulit cukup mudah dengan mencuci daun nanas sampai bersih, setelah itu ditumbuk hingga halus lalu olekan pada bagian kulit yang sakit.

3. Mengobati radang tenggorokan
Kupaslah 2 buah nanas yang sudah dimasak sebelumnya, kemudian cuci sampai bersih. Potong nanas menjadi lebih kecil dan dijus. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih. Minum air perasan yang terkumpul, sehari 3 kali, setiap kali cukup 1/3 bagian.

4. Mengobati luka memar
Di postingan lalu saya sempat membahas penyembuhan luka memar dan nanas adalah salah satu bahan alami yang bisa menyembuhjan memar. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengupas nanas yang telah dicuci bersih, lalu belder nanas tadi dan menjadi jus. Minumlah jus nanas tadi 3 kkali sehari.

5. Obat cacingan
Kabar gembira untuk yang merasa badan kurang berisi yang diakibatkan cacingan, karena ternyata nanas bisa mengatasi cacingan. Caranya kupas 1 buah nanas muda, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, bilas dengan air masak, lalu parut. Peras dan saring hasil parutannya, lalu minumkan pada anak yang cacingan sedikit demi sedikit.

6. Obat penyakit beri-beri
Manfaat buah nanas yang lainnya adalah mengobati penyakit beri-beri. Caranya, kupas 2 buah nanas yang sudah masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya sekaligus. Sebaiknya diminum pagi atau siang hari sesudah makan.

7. Mengatasi Sembelit
Kupas 3 buah nanas yang belum masak, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya, jus atau parut, lalu peras. Minum air perasannya setelah makan, sehari 2 kali, masing-masing cukup 1/2 gelas. Lakukan secara rutin hingga sembelit hilang.

8. Menghilangkan Ketombe
Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

9. Menurunkan berat badan
Merasa minder karena gendut atau kelebihan berat badan? Tak perlu khawatir sekarang  karena Nanas bisa menurunkan berat badan Sobat. Caranya kupas 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, lalu cuci sampai bersih. Potong-potong, lalu dijus atau diparut. Selanjutnya, peras menggunakan sepotong kain bersih dan air perasannya langsung diminum sekaligus. Lakukan 2 kali sehari.

10. Peradangan di kulit (dermatitis)
Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Kupas kulitnya, lalu parut. Hasil parutannya dipakai untuk menggosok kulit yang bersisik dan mengelupas, baik di kulit kepala atau bagian lain dari tubuh. Lakukan sekali sehari, malam sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

Demikian ragam manfaat buah nanas bagi kesehatan, semoga informasi barusan bisa bermanfaat bagi Sobat Sehat semua. Baca juga artikel 7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 15.59
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali