Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

7 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

7 manfaat buah pepaya bagi kesehatan
7 manfaat buah pepaya bagi kesehatan

Ragam khasiat manfaat buah pepaya bagi kesehatan. Buah pepaya adalah buah yang masuk dalam anggota buah Caricaceae, mempunyai nama latin Carica Papaya. Pohon pepaya hanya tumbuh didaerah yang beriklim tropis, sering ditanam di kebun atau pekarangan rumah. Pada umumnya pepaya berwarna orange jika sudah matang. Walau ada juga beberapa jenis yang matang dalam kondisi buah berwarna merah atau kuning.

Kandungan nutrisi dan vitamin pepaya sangat bagus untuk menunjang kesehatan manusia. Terdapat vitamin A, B, fosfor, kalium, zat besi, dan lain-lain. Meski buah ini familiar dalam keseharian kita, tapi tahukah manfaat-manfaat yang tersembunyi dikandungnya? Berikut ini 7 manfaat buah pepaya bagi kesehatan,

1. Menyehatkan sistem pencernaan
Inilah khasiat pepaya yang telah diketahui orang banyak. Pepaya dikonsumsi agar menyehatkan pencernaan dan melancarkan buang air. Buah pepaya yang mengandung enzim papain dan serat menyehatkan lambung. Selain itu kandungan di pepaya bisa membunuh parasit dalam usus, sehingga buang air besar lancar.

2. Menjaga ginjal
Siapa sangka ternyata dalam biji pepaya mengandung nutrisi penting bagi kesehatan yaitu flavonoid dan phenotic. Kedua nutrisi itu mempunyai peran dalam menjaga kesehatan ginjal agar tetap bekerja sebagaimana mestinya.

3. Mencegah serangan jantung dan stroke
Buah kesehatan ini memiliki kadar antioksidan tinggi sehingga bisa mencegah oksidasi kolesterol. Jika tingkat kolesterol turun maka terhindar dari penyakit kardiovaslukar yang mematikan seperti serangan jantung dan stroke.

4. Menyehatkan mata
Seperti penjelasan diatas jika buah pepaya mengandung vitamin A, betakaroten dalam pepaya diubah menjadi vitamin A ini membuat pepaya dapat membantu menjaga penghilahatan.

5. Anti peradangan
Nutrisi pepaya seperti papain dan chymopapain bisa meredakan sebuah peradangan jaringan tubuh serta mempercepat pemulihan luka bakar. Karena manfaat ini, pepaya dibudidayakan dan diolah menjadi obat kulit seperti jerawat, luka, ruam dan lainnya.

6. Menyehatkan kulit
Buah pepaya mengandung beragam vitamin yaitu A, C, E, yang mana vitamin itu baik untuk kesehatan kulit. Dengan cara melembabkan kulit sehingga kulit tampak lebih segar dan bersih.

7. Menangkal penuaan dini
Antioksidan yang dimiliki buah pepaya bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang bisa mengakibatkan penuaan dini. Masalah seperti timbulnya keriput, flek, noda-noda diwajah menjadi berkurang dengan rajin mengkonsumsi pepaya.

Itu tadi informasi wacana seputar 7 manfaat buah pepaya bagi kesehatan. Ternyata dari buah yang sangat sering kita temui setiap hari ini mempunyai banyak kegunaan yang luar biasa. Baca juga artikel 9 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 11.50
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali