Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

9 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

9 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

9 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah


Seiring bertambahnya umur, manusia semakin rentan terkena berbagai penyakit. Pada umumnya penyakit yang menyerang itu adalah stroke dan serangan jantung yang diakibatkan karena tekanan darah yang terlalu tinggi. Terlalu sibuk dengan berbagai aktivitas, kurang berolahraga, makan makanan berkolesterol menjadi pemicu tekanan darah naik. Namun Sobat tak perlu takut tentang itu karena bisa diatasi dengan mudah dan tanpa obat-obatan. Berikut 9 cara alami menurunkan tekanan darah,

1. Menurunkan berat badan
Obesitas atau berat badan berlebihan menjadi salah satu faktor yang membuat tekanan darah naik. Jika berat badan lebih maka itu membuat jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Itu artinya meningkatkan resiko gagal jantung lebih tinggi.

2. Berhenti merokok
Merokok adalah hal yang paling sulit dihilangkan dari gaya hidup orang masa kini. Nyatanya nikotin yang terkandung dalam rokok akan merangsang produksi adrenalin dalam tubuh, yang mana itu membuat detak jantung bergerak lebih cepat dan bekerja lebih keras.

3. Jangan begadang
Aktivitas kantor, sekolah, kuliah atau pekerjaan lainnya memaksa orang untuk begadang. Orang-orang yang keseringan begadang berpotensi darah tinggi naik hingga 29% persen ketimbang orang yang beraktivitas pada jam normal. Lembur akan membuat Anda sulit mempunyai waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat.

4. Rutin olahraga
Lakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda secara rutin. Olahraga teratur akan membantu meningkatkan penyerapan oksigen tubuh serta menurunkan tekanan darah dengan cara memperkuat jantung anda.

5. Seringlah makan pisang
Pisang adalah salah satu buah yang mengandung kalium tinggi. Kalium merupakan mineral penting yang berguna mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh dan membantu menurunkan tekanan darah. Konsumsilah pisang sebagai menu sarapan anda dan sesudah makan siang/malam.

6. Mengkonsumsi yogurt
Dalam sebuah studi penelitian, ilmuwan menemukan fakta bahwa yogurt yang kaya akan kalsium ternyata mampu membuat pembuluh darah lebih lentur. Itu berarti bermanfaat untuk sirkulasi darah dalam tubuh.

7. Turunkan kadar garam pada makanan
Garam mampu meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri anda. Oleh karena itu hindarilah mengonsumsi makanan tinggi garam seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan instan.

8. Kurangi kafein
Penelitian di Duke University Medical Center, Amerika Serikat mengungkapkan konsumsi kafein sebanyak 500mg atau setara 3 cangkir kopi bisa meningkatkan tekanan darah tinggi. Maka kurangilah konsumsi kafein di keseharian anda.

9. Jangan mendengkur
Mendengkur sebenarnya merupakan salah satu gejala sleeping apnea. Di sisi lain pula sleeping apne juga adalah pemicu munculnya tekanan darah tinggi. Untuk mengatasi mendengkur, ubahlah posisi tidur anda.

Sekian 9 cara alami menurunkan tekanan darah yang sangat mudah dilakukan dan sehat. Tips Baca juga artikel menarik lainnya tentang 8 Tips Unik Yang Bisa Mencegah Penyakit Jantung.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 12.34
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali