Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

7 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

7 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan



Tenggorokan terasa berat, tertekan, tidak mampu bersuara bebas adalah gejala-gejala sakit tenggorokan. Walaupun hanya sepele tapi sakit tenggorokan sangat terasa menyiksa karena membuat kerongkongan terasa panas. Sakit tenggorokan biasanya timbul karena infeksi virus dari gejala flu atau demam. Maka dari itu sakit tenggorokan harus segera disembuhkan dan berikut ini adalah 7 makanan pereda sakit tenggorokan:

1. Buah pisang
Jika sakit tenggorokan melanda anda, maka konsumsilah buah pisang. Karena pisang merupakan buah yang berdaging lembut dan tidak mengandung asam sehingga memudahkan anda untuk menelannya. Selain itu buah memiliki kandungan indeks glikemik rendah serta vitamin B6, kalium, vitamin C yang sangat bagus menunjang kesehatan tubuh.

2. Perasan lemon dan madu
Yang satu ini termasuk cara alternatif yang terbukti ampuh meredakan sakit tenggorokan yaitu dengan mencampur perasan jeruk lemon dengan madu. Selain mengurangi peradangan pada tenggorokan, campuran lemon dan madu ini juga mampu mendinginkan tenggorokan. Jadi tenggorokan tak terasa panas dan terbebas dari peradangan.

3. Teh madu
Khasiat madu yang berfungsi mendinginkan menjadi salah satu bahan favorit dalam meredakan sakit tenggorokan. Madu akan melapisi tenggorokan dan membantu mencegah iritasi/gatal. Jadi sebuah pilihan yang tepat jika mengkonsumsi teh dicampur madu saat sakit tenggorokan.

4. Putih telur
Mungkin tidak banyak orang tahu bahwa putih telur bisa membantu menangani sakit tenggorokan. Caranya cukup sederhana yaitu dengan mengambil bagian putih telur dan menelannya. Pastikan Sobat Sehat jangan mencampur bumbu ketika mengkonsumsi putih telur ini agar tak semakin memperburuk iritasi.

5. Sup ayam
Makanan olahan yang satu ini sangat baik dalam mengobati sakit tenggorokan. Karena sup ayam mengandung bahan-bahan yang memiliki kandungan gizi dan vitamin seperti wortel, seledri, bawang, kentang, kol, bawang putih, daging ayam. Menurut penelitian semangkuk sop ayam hangat dapat pula berperan sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir.

6. Oat/sereal gandum
Selain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh karena tingginya serat dalam gandum, oat juga berperan mangatasi sakit tenggorokan. Buatlah semangkuk oat dengan menambahkan pisang atau madu didalamnya.

7. Wortel rebus
Wortel yang mengandung vitamin A, C, K, serat dan potasium membantu mengurangi sakit tenggorokan. Pastikan anda memasaknya dahulu dengan cara direbus sebelum dimakan. Mengkonsumsi wortel mentah-mentah justru memperburuk sakit tenggorokan.

Demikian artikel tentang 7 makanan pereda sakit tenggorokan yang semoga bisa bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit tenggorokan Sobat Sehat. Baca juga artikel menarik tentang cara menghaluskan tumit kaki pecah-pecah.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 10.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali