Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Resep Minuman Sehat: Wedang Uwuh

Resep Minuman Sehat: Wedang Uwuh



Halo sobat sehat, pernahkah kalian mencoba sebuah minuman kesehatan yang unik? unik dalam arti unik penyajian ataupun bahan-bahannya. Ada sebuah minuman kesehatan unik dan ini adalah minuman favorit saya yaitu wedang uwuh. Kata 'uwuh' diambil dari bahasa Jawa yang berarti sampah. Memang jika dilihat dari penyajiannya minuman itu kelihatan seperti tumpukan sampah daun-daunan, apalagi air wedangnya yang berwarna merah seperti air koro genangan sampah. Tapi Anda jangan khawatir karena warna air merah itu berasal dari secang yang diseduh. Minuman tradisional yang berasal dari Yogyakarta itu mempunyai khasiat meredakan masuk angin, menghangatkan badan, melegakan tenggorokan, mengobati radang sendi tulang, menangkal radikal bebas, menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan peredaran darah dan masih banyak lagi khasiat yang terkandung dalam wedang uwuh. Berikut adalah resep membuat wedang uwuh:

Bahan-bahannya:
Air 700 ml
Serutan kayu secang kering 40 g
Gula batu 50 g
Jahe 6 cm, memarkan
Daun kayu manis kering 2 lembar
Daun cengkeh kering 3 lembar
Daun pala kering 3 lembar
Cengkih 10 butir


Cara Membuat Minuman Wedang Uwuh:

  1. Pertama-tama bakar jahe, memarkan.
  2. Tuang air dalam panci. Masukkan jahe, cengkih/batang cengkih, daun cengkih, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu.
  3. Masak dengan api sedang hingga mendidih.
  4. Rebus selama kurang lebih 15 menit.
  5. Angkat dan saring (bisa juga dihidangkan tanpa disaring).
  6. Tuang ke dalam gelas.
  7. Sajikan.

Mudah bukan cara dan bahan pembuatan wedang uwuh? Disarankan anda menyajikannya selagi hangat, jika terlanjur dingin maka anda harus memanaskan lagi.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 18.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali