Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Yang Sehat

Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Yang Sehat

Selamat siang pembaca kesehatan, pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang apa saja khasiat kulit manggis dan di postingan ini saya mau memberitahu bagaimana Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Yang Sehat. Tentunya ini sangat mudah untuk kalian praktekkan dirumah. Berikut cara-cara mengolah kulit manggis:


1. Membuat jus kulit manggis
Pertama ambil kulit manggis kemudian kerok bagian dalamnya yang ada selaput putih seperti benang. Untuk mempermudah proses ini, pilih kulit buah yang masih segar atau membeli buah manggis kemudian manfaatkan kulitnya.
Masukkan ke dalam blender bersama air, proses sampai halus. Sesuaikan jumlah air dengan banyaknya kulit manggis untuk meminimalkan rasa pahit.
Tuang ke dalam gelas lalu tambahkan madu atau gula jawa yang sudah dihancurkan agar rasa pahit bisa berkurang. Aduk-aduk beberapa saat.

2. Merebus kulitnya kemudian minum airnya
Untuk kalian yang tidak suka menggunakan blender, ada cara mudah untuk mengolah kulit buah berwarna merah tua ini menjadi minuman kesehatan. Yaitu dengan merebusnya lalu meminum air rebusan kulit manggis tersebut secara langsung.
Penambahan bahan-bahan pemanis seperti gula maupun madu juga diperbolehkan dan tidak mengurangi khasiat yang terkandung didalamnya. Metode ini terbilang sangat sederhana karena tidak membutuhkan peralatan tambahan seperti blender.


3. Membuat teh berbahan kulit manggis kering
Di beberapa daerah penghasil buah manggis, pemanfaatan kulit buah ini sudah dilakukan sejak dahulu. Mereka memahami betul jika buah berwarna ungu ini hanya ada pada musim tertentu saja. Oleh karena itu, mereka mencari cara agar minuman kulit manggis tetap ada meskipun bukan musimnya.
Kemudian ditemukanlah metode mengeringkan kulit manggis di bawah sinar matahari dimana sebelumnya kulit buah dipotong-potong dalam ukuran kecil. Penyimpanan kulit kering ini harus di tempat bersih dan tidak lembab untuk menghindari tumbuhnya jamur yang bisa membahayakan kesehatan. Cara penyajiannya cukup seduh kulit manggis kering menggunakan air panas lalu minum selagi hangat seperti ketika kalian menikmati secangkir teh.

Demikian tadi Cara Mengolah Kulit Manggis Menjadi Minuman Yang Sehat. Kekayaan alam memang sungguh luar biasa dan manfaatnya akan terus ada dan bermunculan. Akan saya beritahukan manfaat dari buah lainnya di lain kesempatan. Oke, sampai jumpa di postingan sehat selanjutnya!

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 14.22
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali