Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Cara Mengatasi Ngantuk Secara Alami

Cara Mengatasi Ngantuk Secara Alami

Rasa kantuk kadang datang disaat yang gak enak, ketika anda tengah belajar atau bekerja. Membuat anda lemas, seakan ingin menutup mata dan terlelap tidur disisi lain anda juga harus menyelesaikan pekerjaan segera. Rasa kantuk biasanya timbul dari rasa kebosanan, suntuk, lelah, kurang jam tidur. Ada beberapa cara mengatasi ngantuk secara alami, jadi tidak hanya bergantung pada zat kafein dari kopi.

1. Beranjak dari tempat duduk dan berjalan-jalan sebentar
Menurut studi populer seorang profesor di California State University yaitu Robert Thayer PhD yang mempelajari ketergantungan orang mengusir ngantuk lewat mengunyah permen karet atau berjalan-jalan. Dari penelitian itu mengunyah permen meningkatkan energi, satu jam kemudian tubuh akan kembali lelah. Sementara berjalan selama 10 menit meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah anda ke otak dan otot. Sedangkan 'untuk mengusir kantuk dengan berjalan-jalan sebentar, baik di luar gedung saat jam makan siang atau di gedung tempat anda bekerja, akan membuat Anda merasa lebih waspada dan segar.

2. Mengistirahatkan mata supaya mata tak cepat lelah
Melakukan aktivitas di depan komputer selama berjam-jam, menatap monitor dapat menyebabkan mata lelah. Alihkan pandangan dari layar komputer selama beberapa menit untuk membuat mata lebih rileks. Usahakan melihat obyak berwarna hijau agar mata terasa segar.

3. Membuat ruang kerja lebih terang
Lingkungan kerja dengan pencahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

4. Minum air putih
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastikan anda minum banyak air dan makan makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran. Air akan membantu tubuh menjadi segar, ringan, dan relaks.

5. Tarik nafas dalam-dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energi.
Ide dari latihan pernafasan adalah untuk menghirup udara ke perut, bukan dada. Anda dapat melakukannya di meja Anda. Duduk tegak, cobalah latihan ini sampai 10 kali :

  •  Dengan satu tangan di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk dan yang lainnya di dada Anda, tarik napas dalam melalui hidung Anda dan biarkan perut Anda mendorong tangan Anda keluar. Dada Anda tidak boleh bergerak.
  • Tarik napas melalui bibir seolah-olah Anda bersiul. Anda dapat menggunakan tangan di perut Anda untuk membantu mendorong udara keluar.

Teknik lain disebut merangsang napas, digunakan dalam yoga untuk meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan. Caranya : Tarik dan hembuskan napas secara cepat cepat melalui hidung. Mulut Anda tetap tertutup tapi santai. Lakukan teknik napas ini dengan tempo singkat, yakni tiga kali dari setiap siklus dalam satu detik. Lalu setelahnya, bernapaslah dengan normal. Anda dapat melakukannya sampai 15 detik untuk pertama kali dan untuk berikutnya tambahkan lima detik setiap kali melakukannya hingga mencapai satu menit.

Demikian beberapa cara mengatasi ngantuk secara alami dan semoga tips barusan sangat berguna bagi anda mengurangi kantuk. Baca juga

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 10.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali