Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Tips Mencegah Terkena Osteoporosis

Tips Mencegah Terkena Osteoporosis



Para wanita khususnya ibu rumah tangga rentan terkena osteoporosis, dikarenakan padatnya aktivitas sehari-hari yang bermacam-macam. Jika sudah terkena osteoporosis maka aktivitas mereka juga tidak akan sebebas sebelumnya. Maka dari itu wanita ataupun pria sekalipun harus sedini mungkin mencegah gangguan tulang tersebut sebelum terlambat. Berikut ini tips mencegah terkena osteoporosis,

1. Kontrol berat badan
Jaga selalu berat badan Anda, dan kontrol agar tak terlalu gemuk. Obesitas adalah faktor penyebab osteoporosis, jadi jangan biarkan tulang Anda terlalu banyak di bawah tekanan daging Anda.

2. Konsumsi Kalsium
Kekurangan kalsium adalah faktor utama penyebab osteoporosis. Menurut penelitian, wanita cenderung kehilangan kalsium ditubuh lebih banyak dari pada pria. Jadi wanita harus mempunyai asupan kalsium di makanan mereka. Makanan yang mengandung kalsium seperti susu, bayam, brokoli, makanan dari laut, dan banyak lainnya.

3. Jangan sepelekan nyeri pada tubuh
Jika wanita merasa nyeri di tubuh terus menerus, terutama bagian tulang sendi, maka segera periksakan ke dokter karena itu mempunyai kemungkinan tanda-tanda osteoporosis.

4. Jangan melakukan diet ketat
Asumsi diet untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah salah satu hal buruk untuk tubuh anda, apalagi dilakukan secara ketat. Diet ketat seperti itu hanya akan membuat tubuh Anda kehilangan nutrisi penting seperti kalsium.

5. Konsumsi suplemen berkalsium
Asupan nutrisi lain dari makanan adalah dengan mengkonsumsi kalsium. Suplemen kalsium berguna untuk menjaga agar tubuh selalu terpenuhi asupan kalsiumnya.

6. Olahraga teratur
Berolah raga secara teratur berguna untuk menjaga tulang tetap fleksibel dan lentur. Sama halnya dengan mesin yang lama tak digunakan, dan ia akan menua, berkarat, tidak bekerja dengan lancar. Hal itu sama berlaku untuk tulang.

7. Berjemur dibawah matahari pagi
Ini adalah metode yang sudah dilakukan orang sejak dulu karena diyakini bisa menguatkan tulang. Dan ternyata menurut penelitian sinar matahari mengandung vitamin D yang berfungsi agar dapat memproses kalsium di tubuh. Tapi perhatikan juga waktu berjemur, dianjurkan pagi hari karena matahari belum terlalu terik dan terpapar banyak ultraviolet.

Demikian artikel tips mencegah terkena osteoporosis, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Sobat Sehat agar terhindar dari osteoporosis. Baca juga artikel berjudul Cara Mencegah Gigi Berlubang, terima kasih dan sampai jumpa!

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 09.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali