Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

6 Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan



Dalam kehidupan sehari-hari kita mungkin mengenal rumput laut sebagai bahan agar-agar, salah satu bahan isi es campur/kopyor, makanan. Rumput laut kini juga mulai digunakan untuk produk komestik. Banyaknya manfaat rumput laut membuat vegetasi alga ini banyak dibudidayakan di perairan pantai. Apa sajakah macam manfaat rumput laut itu? berikut adalah 6 manfaat rumput laut bagi kesehatan:

1. Kaya akan serat
Rumput laut kaya akan serat larut yang mudah diserap oleh tubuh. Selain itu serat yang ada di dalam rumput laut mampu meningkatkan bakteri baik di dalam perut sehingga pencernaan Anda tetap sehat. Maka dari itu rumput laut menjadi bahan utama pembuatan agar-agar atau jelly.

2. Kaya akan vitamin
Rumput laut dikenal sebagai makanan sehat karena mengandung vitamin A, vitamin B 12, kalsium, zat besi, kalium, dan yodium. Bahkan kandungan kalsium yang ada di dalam rumput laut lebih banyak daripada kandungan kalsium di dalam daging sapi, brokoli, dan susu.

3. Mengurangi berat badan
Rumput laut sama sekali tidak memiliki kandungan lemak atau kalori. Kandungan yodium di dalam rumput laut juga mampu menjaga kesehatan kelenjar tiroid tubuh Anda. Kelenjar tiroid tersebut mampu mengatur metabolisme tubuh sehingga berat badan tetap seimbang. Terlebih lagi mineral yang ada di dalam rumput laut mampu menghancurkan sel-sel lemak di dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan tiroid dan hormon lainnya
Kandungan yodium yang ada di dalam tiroid dapat menjaga kesehatan tiroid Anda dan fungsi fisiologis tubuh lainnya. Tanpa adanya yodium, tubuh tidak dapat mensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.

5. Mencegah kanker
Rumput laut mengandung zat anti oksidan alami yang disebut dengan lignan. Senyawa ini dikenal mampu memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kandungan asam folat yang tinggi di dalam rumput laut mampu mencegah kanker usus besar.

6. Mampu mendetoks tubuh
Rumput laut cocok dikonsumsi bagi Anda yang sering terpapar racun dan polusi dari dalam tubuh. Hal ini karena di dalam rumput laut terdapat kandungan klorofil yang membantu tubuh untuk melakukan detos secara alami.

Sekian 6 manfaat rumput laut bagi kesehatan yang patut anda ketahui agar paham seberapa pentingnya kita mengkonsumsi rumput laut. Jika anda suka artikel ini, silahkan klik tombol share/bagikan agar blog ini bermanfaat bagi khalayak banyak. :)

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 17.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali