Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

10 Tips Mengatasi Gejala Susah Tidur/Insomnia

10 Tips Mengatasi Gejala Susah Tidur/Insomnia

10 Tips Mengatasi Gejala Susah Tidur/Insomnia

Seringkali kita mengalami masalah susah tidur atau yang sering disebut dengan istilah insomnia. Terus terjaga sepanjang malam padahal keesokan harinya kita mempunyai acara penting, dan akan jadi kacau kalau kita datang terlambat karena bangun kesiangan. Ada beberapa cara agar cepat tidur, terlelap dialam mimpi yang indah. Berikut adalah 10 tips mengatasi gejala susah tidur/insomnia.

1. Matikan lampu
Cahaya berpengaruh terhadap proses produksi hormon melatonin. Cahaya lampu yang terang akan menghambat proses produksi hormon melantonin. Maka sebaiknya matikan lampu kamar anda agar melatonin terproduksi dan membuat anda cepat tertidur.

2. Jangan mengkonsumsi kafein
Manfaat kopi memang bagus untuk kesehatan tapi ini perlu dihindari ketika masuk jam tidur. Jangan minum minum kopi 9 jam sebelum tidur karena kafein hanya membuat mata tak lelah terjaga. Selain kopi, minuman lain yang mengandung kafein adalah cola, coklat, dan teh.

3. Mengatur jadwal tidur
Aturlah jadwal tidur dan bangun tidur anda setiap hari. Hal ini dimaksudkan agar tubuh dan otak anda terbiasa dengan siklus bangun dan tidur yang rutin. Kegiatan ini juga membuat Sobat tertidur lelap setiap malamnya.

4. Olahraga teratur
Olahraga teratur sudah terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang. Lakukan olahraga pada pagi atau sore hari. Jangan melakukannya 3 jam sebelum tidur! energi yang didapatkan dari olahraga dapat membuat anda justru terjaga dan mengacaukan pola tidur anda.

5. Jangan merokok
Kandungan nikotin pada rokok sama halnya dengan kafein. Untuk itu janganlah merokok untuk menghindari insomnia yang lebih buruk.

6. Meminimalisir suara
Suara adalah salah satu penyebab orang susah tidur. Jadi minimalisirkanlah suara disekitar anda seperti menutup keran agar tak ada suara air menetes, tutup jendela agar suara luar rumah tak masuk kamar, atau menyumpal telinga anda dengan sumbat telinga/ear plug.

7. Cobalah relaks
Meredakan emosi sebelum tidur bisa membantu menenangkan pikiran. Jika pikiran tenang, tubuh santai akan memudahkan anda cepat lelap tertidur.

8. Gunakan bantal
Bantal yang keras membuat tengkuk jadi tegang dan itu yang membuat susah tidur. Jadi gunakanlah bantal yang empuk guna menopang kepala anda, sehingga bisa istirahat dengan tenang.

9. Membaca buku
Trik ini ampuh mengatasi insomnia. Intinya jika mata lelah maka anda akan semakin cepat ngantuk. Bacalah buku sekitar 1 jam sebelum tidur.

10. Sembunyikan hp, gadget, jam
Terus-terusan melihat jam atau mengutak atik gadget akan membuat konsentrasi tidur pecah. Jika begitu anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk anda yang lain dimulai. Sembunyikanlah gadget/jam anda didalam laci agar anda dapat bersantai pergi tidur pulas.

Demikian 10 tips mengatasi gejala susah tidur/insomnia, semoga informasi barusan memberi manfaat untuk mengatasi kesluitan tidur. Baca juga Cara Alami Memutihkan Kulit Ketiak.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 16.02
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali