Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

5 Makanan Sebagai Sumber Mineral Bagi Tubuh

5 Makanan Sebagai Sumber Mineral Bagi Tubuh

5 Makanan Sebagai Sumber Mineral Bagi Tubuh


Mineral adalah salah satu zat penting yang diperlukan tubuh kita agar tetap sehat. Bahkan tubuh kita 90% terdiri dari mineral, maka itu kebutuhan mineral harus terus dicukupi. Asupan mineral bisa didapat dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Tapi apa sajakah makanan yang mengandung mineral? berikut ini adalah 5 makanan sebagai sumber mineral bagi tubuh.

1. Buah-buahan
Buah sangat kaya akan vitamin dan serat, selain itu buah mempunyai kandungan mineral yang cukup banyak. Buah-buahan seperti pir, pisang, jeruk, anggur, blackberry, alpukat, kismis, delima, jambu, kiwi dan semangka memiliki meneral paling tinggi daripada buah lain-lainnya.

2. Sayur-sayuran
Makanan dari alam seperti sayur tentu memiliki sumber mineral didalamnya. Maka dari itu guna memenuhi kebutuhan mineral tubuh setiap harinya, sebaiknya seringlah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah. Jika mineral terpenuhi maka tubuh akan jadi lebih sehat bertenaga. Beberapa jenis sayuran dengan kandungan minerla tinggi yaitu seledri, ubi, sawi, wortel, terong.

3. Kacang-kacangan
Seperti yang sudah disebutkan diatas, kacang-kacangan mempunyai kandungan mineral tinggi. Sebut saja kacang mete, kacang amaranth, kacang brasil, biji labu, kacang buckwheat.

4. Jamur
Jamur yang sering kita jumpai sebagai bahan tambahan dalam masakan atau makanan ringan, ternyata mempunyai kandungan mineral juga. Macam-macam mineral seperti zinc, kalium, dan selenium ada dalam jamur. Sebuah penelitian menyimpulkan pada satu buah jamur portobello berukuran sedang ternyata mempunyai jumlah kalium lebih banyak dibandingkan buah pisang.

5. Seafood
Makanan dari laut juga tak kalah manfaatnya dari buah sayuran. Seafood seperti ikan,kepiting yang selain enak rasanya, juga bermanfaat dengan mineral yang dimilikinya. Jenis mineral pada seafodd itu adalah zinc, selenium, zat besi dan tembaga.

Sekian 5 makanan sebagai sumber mineral bagi tubuh guna terus menjaga kesehatan. Beberapa jenis makanan tadi juga mudah ditemukan dipasar, jadi jangan khawatir sulit mencarinya. Simak juga artikel tentang 10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 07.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali