Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

10 Makanan Sumber Kalsium Bagi Tubuh

10 Makanan Sumber Kalsium Bagi Tubuh

Banyak nutrisi vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang kesehatan dan kebugaran kita. Salah satu nutrisi penting yang menyokong tubuh adalah kalsium. Kalsium adalah mineral yang sangat dibutuhan tubuh guna pembentukan tulang dan gigi. Kalsium juga lah yang bisa mencegah tubuh terkena osteoporosis. Tapi dari apa sajakah kita bisa mendapat asupan kalsium? berikut adalah 10 makanan sumber kalsium bagi tubuh.

1. Susu
Sebagai bahan pangan hewani, susu terkenal mempunyai nilai kalsium tinggi didalamnya. Selain kalsium, dalam susu terdapat mineral, fosfor, protein, vitamin. Susu juga anjuran minuman dalam pola '4 sehat 5 sempurna'.

2. Keju
Keju adalah makanan olahan berbahan dasar susu. Semua kandungan nutrisi pada susu seperti kalsium, mineral, vitamin, protein, lemak, fosfor, kolesterol ada juga dalam keju. Hal inilah yang membuat keju jadi sumber kalsium tubuh manusia.

3. Yogurt
Yogurt adalah makanan berbahan susu yang difermentasi oleh bakteri Lactobacillus. Pada umumnya yogurt dibuat dari susu sapi walau bisa juga dibuat dari susu kedelai, susu kambing. Nilai kalsium pada yogurt juga tinggi sebagaimana gizi yang dikandung susu.

4. Pisang
Jenis buah yang ada didaerah tropis seperti Indonesia ini ternyata mempunyai kandungan kalsium. Mineral lain yang dimiliki pisang adalah kalium, magnesium, fosfor, zat besi. Yang mana beberapa mineral tadi sangat bagus untuk regenerasi tulang.

5. Ikan salmon
Daging hewani salmon kaya akan lemak serta protein. Dalam 3 ons ikan salmon yang dikemas kalengan memiliki kandungan kalsium 181 mg. Itu adalah jumlah yang cukup untuk memenuhi asupan kalsium tubuh.

6. Kedelai
Siapa sangka kacang kedelai ternyata memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Dalam asumsi, satu cangkir kedelai direbus air maka bisa mendapatkan 261 mg kalsium. Kalsium kedelai juga terdapat untuk olahannya seperti susu kedelai.

7. Lobak



Sayuran yang sering disebut woterl putih ini mempunyai nilai kalsium sekitar 200 mg per batangnya. Maka dari itu lobak seringkali dijadikan bahan pembuat sup, jadi selain mendapat asupan vitamin A, lobak juga memberikan kalsium sesuai kebutuhan tubuh.

8. Brokoli
Dalam sebatang brokoli mengandung 180 mg kalsium, dengan ini menjadikannya sebagai sayuran dengan kandungan kalsium tertinggi. Jenis sayur yang termasuk dalam kubis-kubisan ini sering kita jumpai di masakan tumisan dan sop.

9. Jeruk
Buah jeruk tentunya tidak sulit ditemukan disekitar kita. Jeruk punya kandungan vitamin C didalamnya, selain itu pada satu buah jeruk memiliki kalsium sebanyak 60 mg.

10. Ikan sarden
Satu lagi ikan yang mempunyai kandungan kalsium didalamnya yaitu ikan sarden. Ikan yang sering kita temui dalam bentuk kalengan ini bisa memenuhi 33% kalsium yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu dianjurkan mengkonsumsi ikan sarden minimal seminggu sekali.

itu tadi 10 makanan sumber kalsium bagi tubuh dan semoga informasi diatas bisa menambah wawasan Sobat Sehat. Selain itu agar selalu bisa memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh serta kesehatan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 07.20
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali