Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Cara Alami Mengobati Batuk Kering Dengan Cepat

Cara Alami Mengobati Batuk Kering Dengan Cepat

Cara Alami Mengobati Batuk Kering Dengan Cepat

Menghadapi musim kemarau panjang seperti sekarang, tubuh rentan sekali terkena penyakit flu dan batuk. Di artikel sebelumnya saya telah membahas tentang cara alami menyembuhkan flu dan sekarang saya akan membahas tentang cara alami mengobati batuk kering dengan cepat. Batuk tidak hanya menyerang manusia sewaktu musim hujan, tapi juga musim panas seperti sekarang ini. Perubahan cuaca yang ekstrim menipiskan daya tahan tubuh sehingga terjadi infeksi saluran pernafasan, inflamasi dan melemahkan tubuh.
Ketika Sobat mengalami batuk kering, sebaiknya memperbanyak minum air putih agar virus batuk yang berada di kerongkongan hilang, sehingga tidak memperburuk batuk anda. Berikut ini adalah cara alami mengobati batuk kering dengan cepat, mari simak!

1. Belimbing wuluh
Siapkan 5-10 buah blimbing wuluh, kemudian cuci dan haluskan menggunakan blender. Selanjutnya campurkan dengan 1 cangkir air masak dan sedikit garam. Kemudian peras dan saring air campuran buah belimbing wuluh tersebut dan minumlah 2 x sehari setiap pagi dan petang hingga batuk anda sembuh.

2. Kencur
Ambil 1 rimpang kencur, kemudian cuci dan kunyah dengan menambahkan sedikit garam. Kemudian telan sambil dibantu dengan meminum air hangat. Lakukan metode ini 2 x sehari, pagi dan sore hari.

3. Kunyit
Selain ampuh mengobati sakit maag, ternyata kunyit juga bisa dijadian sebagai obat batuk, terutama untuk batuk kering. Cara pembuatannya adalah tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk.

4. Daun asam muda
Ternyata dedaunan asam muda juga mempunyai manfaat menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

5. Daun kemangi
Daun kemangi merupakan salah satu jenis dedaunan yang sering kita temui sebagai bumbu masakan atau lalapan. Daun kemangi juga mempunyai aroma yang khas dan hangat. Disisi lain daun kemangi mempunyai banyak manfaat salah satunya yaitu untuk mengobati batuk kering. Cara pengolahannya yaitu, sediakan 5-7 lembar daun kemangi, kemudian rebus dalam 1-2 gelas air, saringlah air rebusan dari daun kemangi tersebut dan minum air rebusan daun kemangi tersebut minimal 1x/ hari hingga batuk anda benar-benar sembuh.

6. Minuman campuran teh dan jahe
Kalau untuk teh dan jahe mungkin anda semua sudah tahu manfaatnya. Selain enak, teh dan jahe juga punya banyak manfaat yang salah satunya yaitu sebagai obat penyembuh batuk. Caranya yaitu, sediakan 1 jari jahe dan segelas teh hangat / agak panas. Setelah itu cuci bersih jahe tersebut dan iris2, selanjutnya campurkan dengan teh yang diseduh dengan air hangat/agak panas tadi. Setelah itu minumlah 2x/hari.

Demikian itu tadi cara alami mengobati batuk kering dengan cepat. Memang batuk kering tidak separah batuk berdahak tapi jangan disepelekan karena batuk kering jika didiamkan bisa menginfeksi paru-paru dan menimbulkan batuk berdarah. Baca juga artikel lainnya tentang 7 Makanan Pereda Sakit Tenggorokan.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 10.58
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali