Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Ragam Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

Ragam Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan



Kandungan yang dimiliki daun sirih berguna sekali bagi kesehatan manusia. Beberapa kandungan yang dimiliki daun sirih itu seperti minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, hidroksikavicol, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, tanin, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. karena kandungan itulah daun sirih sering disebut salah satu tanaman obat paling banyak dibudidayakan. Manfaat yang dimiliki daun sirih pun tak kalah banyak juga, dan berikut adalah ragam manfaat daun sirih bagi kesehatan:

1. Daun sirih hijau bisa digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya yaitu rebus daun sirih dengan porsi secukupnya. Air rebusan tadi bisa diminum, disamping itu airnya untuk membasuh vagina.
2. Daun sirih bisa juga untuk mengobati sariawan. Cukup dengan mengunyah daun sirih yang telah dicuci bersih atau air rebusan daun sirih.
3. Daun sirih hijau dipercaya juga bisa menyembuhkan demam berdarah. Rebuslah daun sirih dan minum air rebusannya itu agar kuman penyebab deman berdarah dalam tubuh bisa mati. Bisa juga dengan cara menggiling daun sirih lalu oleskan ke tubuh. Cara ini untuk mencegah dari gigitan nyamuk penyebab demam berdarah.
4. Jika secara rutin berkumur dengan rebusan Sirih Hijau, maka bau mulut tidak sedap pun akan hilang.
5. Cairan daun Sirih Hijau, bisa untuk obat semprot hama dan tidak mematikan tanaman. Jadi tanaman anda akan bebas dari hama, penyakit, dan kutu.
6. Air rebusn daun sirih baik untuk mencuci/membersihkan mata.
7. Daun sirih dapat menghilangkan bau ketiak
8. Daun sirih mampu mengobati luka bakar. Caranya ambil daun sirih hijau, lalu panaskan supaya layu. Tempelkan pada luka bakar, itu akan menghindarkan kulit jadi melepuh akibat terbakar.
9. Daun sirih sebagai obat gatal-gatal di kulit. Caranya yaitu tumbuk daun sirih, setelah itu oleskan ke bagian tubuh yang gatal. Rasa gatal akan berkurang dan bisa hilang selamanya jika terus diobati dengan cara ini secara teratur.
10. Daun sirih tepat sebagai pereda hidung mimisan. Caranya gulung daun sirih hijau lalu disumpalkan di hidung, itu bisa membuat darah yang keluar berhenti.

Itu tadi banyak ragam manfaat daun sirih bagi kesehatan, Semoga bisa membantu Sobat Sehat dalam mengenali ragam kegunaan daun sirih untuk pengobatan. Baca juga artikel "Cara Merawat Mata yang Benar". Sekian sampai jumpa!

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 02.05
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali