Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

6 Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala

6 Cara Cepat Mengatasi Sakit Kepala



Penyakit yang sepele tapi sakitnya luar biasa adalah sakit kepala/pusing. Jangan pernah menganggap sepele sakit kepala dan jika tidak cepat ditangani maka akan memperburuk kesehatan Sobat. Sakit kepala sekarang telah berevolusi menyerang bagian belakang, sebelah (migrain), dan keseluruhan kepala. Untuk itu diperlukan penanganan tepat meredakan sakit kepala dan berikut ini saya berikan 6 cara cepat mengatasi sakit kepala.

1. Minum banyak air putih
Salah satu penyebab munculnya sakit kepala adalah kekurangan cairan/dehidrasi. Maka perbanyaklah minum air putih sepanjang hari untuk mengembalikan cairan tubuh anda. Mulailah banyak minum saat anda merasakan gejala sakit kepala. Hindari minum minuman seperti kopi, alkohol, atau minuman manis karena itu hanya akan menyebabkan dehidrasi.

2. Mencari tempat tenang untuk istirahat
Stress bisa memicu timbulnya sakit kepala, maka luangkanlah waktu sebentar untuk rehat dari pekerjaan anda dengan mencari tempat tenang untuk istirahat. Berbaringlah dengan rileks selama 30 menit agar kepala jadi dingin. Pastikan ketika berbaring, tempat tidur anda nyaman dan posisi berbaring anda benar.

3. Memijat kulit kepala
Pijatan refleksi di kepala bisa membantu meredakan sakit kepala. Pijat secara halus pada pelipis, atas kepala, leher, pangkal telinga, bagian kepala yang sakit agar sirkulasi darah lancar.

4. Mengkompres kepala dengan air dingin
Menempatkan sesuatu yang dingin diatas dahi dapat membantu menyempitkan pembuluh darah dan meredakan rasa sakit kepala. Anda bisa juga menggunakan es batu yang dimasukkan dalam plastik untuk mengkompres kepala. Anda bisa juga dengan membasahi kain lap yang dicelupkan ke air dingin.

5. Dengan teknik relaksasi
Relaksasi disini sering disebut yoga/meditasi yaitu mencoba rileks meringankan tubuh sambil mendengarkan suara alam (suara gemericik air, air terjun, hewan jangkrik, dll). Teknik relaksasi ini terbukti ampuh dalam meredakan sakit kepala, mengendurkan otot kepala yang tegang. Lakukan teknik relaksasi ini sesuai kenyamanan anda.

6. Minum obat sakit kepala
Saat anda mulai merasakan sakit kepala segeralah minum obat pereda sakit kepala dosis cepat seperti ibuprofen, asetaminofen, naproxen, atau aspirin. Sejatinya obat sakit kepala baru akan mulai bekerja 30 menit setelah diminum, jadi jika anda mulai merasakan nyeri dikepala maka segeralah minum obat.

Itu tadi 6 cara cepat mengatasi sakit kepala yang bisa anda lakukan agar sakit kepala tak mengganggu aktivitas Sobat Sehat sekalian. Baca juga artikel menarik tentang Cara Alami Mengatasi Alergi Kulit Gatal.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 11.02
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali