Sebuah blog yang memuat semua informasi tentang tips kesehatan. topik, cara, tips tentang kesehatan yang dihadirkan selalu baru, unik dan praktis. Cara yang dianjurkan tentu mudah untuk dipraktekkan agar Anda bisa menjalani hidup sehat tanpa merasa keberatan.

Tips Alami Melancarkan Keluarnya ASI

Tips Alami Melancarkan Keluarnya ASI

tips alami melancarkan keluarnya ASI


Sejatinya air susu ibu sangat dianjurkan diberikan kepada bayinya. Karena ASI mempunyai zat yang menguatkan bayi dimasa setelah ia dilahirkan dan tumbuh kembangnya. ASI penting sebagai asupan utama bayi ketimbang susu formula. Selain itu pemberian ASI dari ibu ke bayinya akan menjalin hubungan kasih sayang dan suasana hati sang bayi. Namun ada juga ibu yang sulit memproduksi ASI, dan kesulitan ibu tersebut bisa diatasi dengan memperhatikan beberapa faktor. Dan berikut adalah tips alami melancarkan keluarnya ASI,

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi
Untuk ibu sangat perlu diperhatikan asupan nutrisinya agar ASI dapat keluar dengan lancar dan eksklusif. Mulai dari memperhatikan kandungan makanan yang dimakanannya agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi sampai menjadi ASI untuk diberikan ke sang buah hati.

2. Memompa ASI
Hal ini bertujuan untuk mendorong keluarnya ASI secara manual. Dan cara ini adalah cara tercepat yang bisa dilakukan ibu untuk segera memberikan ASI nya kepada sang bayi. Disisi lain ternyata jika ibu tidak memaksakan keluar ASI, maka produktivitas ASI nya akan berkurang. Jadi ibu ibu tak perlu takut jika berpikir memompa ASI akan mengurangi jumlah ASI karena sebaliknya, jika tidak dipompa susu justru akan berkurang.

3. Menjaga emosi
Stress yang dialami ibu dapat menjadi salah satu penyebab produktivitas ASI berkurang. Untuk itu emosi kejiwaan si ibu harus rileks, tenang dan senang. Psikis ibu yang bagus membuat ASI untuk bayi selalu produktif dan tercukupi.

4. Merawat payudara
Banyak ibu yang tidak mau menyusui bayinya dengan ASI karena beralasan takut payudaranya menjadi lembek, mengendur, tidak kencang. Maka dari itu diperlukan sedikit perawatan pada payudara. Cukup dengan memijat payudara, membersihkannya dengan menggunakan air hangat dan air dingin secara bergantian. Hal ini dimaksudkan supaya otot payudara tetap kencang dan sirkulasi darah lancar sehingga payudara kencang walau mengeluarkan ASI.

Demikian tips alami melancarkan keluarnya ASI yang semoga bisa membantu ibu dalam kesulitan memberi ASI eksklusif bagi bayinya. ASI mempunyai manfaat banyak sekali dan lain kali akan saya jelaskan dilain kesempatan. Terima kasih telah berkunjung, share/bagikan artikel ini lewat Facebook, Twitter, G+ dengan tombol dibawah ini. Baca juga Cara Mudah Menghilangkan Komedo Secara Alami.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter
Posted by juna401, Published at 07.00
Copyright © 2013 Tips Unik Kesehatan | Partner Pathmo Media And Tempat Wisata di Bali